Penyebab Kanker Prostat

Penyebab kanker prostat belum diketahui  dengan pasti. Namun ada beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko seseorang untuk terkena kanker prostat, diantaranya faktor usia dan riwayat keluarga. Faktor hormonal, oleh tinggi lemak dan toksin juga disebut-sebut sebagai faktor resiko kanker prostat, meskipun katanya belum jelas.  Kanker prostat stadium dini tidak menunjjukkan gejala.  Setelah  kanker berkembang baru muncul gejala tetapi tidak khas. Gejala yang muncul menyerupai gejala BPH (benign prostatic hyperplasia), yaitu penyakit pembesaran prostat jinak yang sering dijumpai pada pria lanjut usia. Akibanya kedua penyakit ini sulit dibedakan dan diperlukan pemeriksaan yang dapat mendeteksi dini sekaligus  membedakan antara kanker prostat dan BPH.

Berikut beberapa gejala yang sering ditemui pada penyebab kanker prostat :

  • Sering ingin buang air kecil terutama pada malam hari.
  • Kesulitan untuk memulai buang air kecil atau menahan air seni
  • Aliran air seni yang lemah atau terganggu.
  • Perasaan nyeri atau terbakar saat buang air kecil
  • Adanya darah pada air seni atau air mani.
  • Gangguan seksual lain, seperti sulit ereksi atau nyeri saat ejakulasi.
  • Serinng nyeri atau kaki dipunggung bawah, pinggul, atau paha atas.

Ada beberapa jenis sel-sel penyebab kanker prostat yang terdaoat dalam kelenjar prostat. Namun, hampir semua jenis kanker prostat bermula pada sel-sel kelenjar dan lebih dikenal sebagai adenokarsinoma.  Pria berusia lebih dari 50 tahun dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan PSA total (prostate specific antigen) dan pemeriksaan colok dubur atau DRE (digital rectal examination) setiap tahun. Apabila ada anggota keluarga yang menderita kanker prostat, dianjurkan melakukan skrining sejak usia 40 tahun.

PSA adalah enzim yang dikeluarkan olehb kelenjar  prostat dan berfungsi mengencerkan cairan ejakulasi untuk memudahkan pergerakan sperma.  Pada keadaan normal hanya sedikit PSA yang masuk ke dalam aliran darah. Namun, apabila terjadi  peradangan atau kerusakan jaringan prostat maka kadar PSA dalam darah meningkat.  Untuk membedakan apakah peningkatan kadar PSA disebabkan oleh BPH atau kanker prostat, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan untuk melakukan rasio free-PSA (PSA ttal atau rasio c-PSA). Pemeriksaan PSA terutama dilakukan bagi mereka yang memiliki kadar PSA totalnya sekitar 2,6-10ng/ml.

Hingga saat ini pengobatan yang tepat untuk penderita kanker prostat masih diperdebatkan. Secara umum, pilihan pengobatan penderita kanker prostat tergantung pada stadium kankernya.   Kanker prostat stadium awal biasanya dilakukan prostatektomi (pengangkatan prostat) dan terapi penyiaran. Kanker yang telah menyebar biasanya dilakukan terapi hormon pengangkatan testis, atau kemoterapi.

 


=====================================

>>> Prostano Obat Herbal Prostat, Menjaga Kesehatan Fungsi Prostat, Mencegah Pembengkakan Prostat & Mengecilkan Prostat yang Sudah Membengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Prostat and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>